My Journey

Kamis, 17 Mei 2012

Good Governance


Ada 5 faktor yang menekan negara maju dalam menjalankan pemerintahan yang efektif dan akibatnya negara maju tersebut mengeluarkan kebijakan yang sekaligus dianut oleh negara maju, yakni salah satu kebutuhan negara maju adalah gas, minyak, dan lain-lain. Contohnya seperti negara Amerika Serikat dan Inggris ingin menguasai energi minyak yang ada di negara Timur Tengah seperti Dubai, Bahrain dan sebagainya. Hal ini terjadi karena negara Timur Tengah memiliki kekayaan minyak yang sangat luar biasa banyaknya. Oleh karena itu, negara-negara maju ingin menguasainya. Yang kedua adalah konflik. Contohnya seperti konflik antara Cina dan Amerika Serikat terjadi bukan karena kedua negara tersebut “perang” dalam bersaing secara perekonomian tetapi berdasarkan pernyataan diatas yakni karena kedua negara tersebut memperebutkan energi minyak yang ada di Timur Tengah. Yang ketiga adalah terorisme. Salah satu faktor yang mengganggu di negara maju adalah terorisme. Amerika beranggapan bahwa terorisme di back up oleh Saddam Husein, oleh karena itu Amerika Serikat menyerang Irak. Hal ini dikarenakan Irak mengancam akan menembakkan nuklir atau senjata pemusnah massal. Tekanan lainnya yaitu korupsi. Negara maju mempunyai lembga kuat seperti AMF dan World Bank, tetapi mereka hanya membantu 30% untuk menyelesaikan masalah korupsi, sementara sisanya disimpan di bank Swiss. Tekanan lainnya yaitu otoriter yang mengganggu negara barat terutama militerisasi. Dan tekanan yang terakhir adalah lingkungan hidup. Negara eropa utara merupakan yang paling rawan terkena dampak akibat dari penyalahgunaan lingkungan hidup seperti banyaknya pertambangan, penebangan hutan dan lain-lain.
            Teori yang ditawarkan untuk mengembangkan negara: teori demokratisasi. Teori demokratisasi merupakan instrumen yang dimiliki negara untuk mensejahterakan masyaraka. Bagaimana mengelola pemerintahan yang baik juga ditawarkan untuk mengembangkan negara. Sementara itu, pemerintahan yang efektif adalah sistem mekanisme dan kebijakan yang dijalankan oleh pemerintah lalu kebijakan dan program dijalankan dengan baik oleh pemerintah. Pemerintah yang dapat mewujudkan program nasional baik itu jangka panjang maupun jangka pendek juga bisa disebut pemerintah yang efektif. Di Amerika Serikat, program dijalankan oleh presiden. Meskipun nanti ada pergantian presiden, master program tidak akan berubah. Contoh master program di Amerika Serikat yaitu masalah seputar pajak.
Pemerintah yang efektif juga bisa dalam arti pemerintah membuat program yang baik, lalu dijalankan oleh orang yang kompetetn, melaksanakan semua kebijakan yang telah dibuat sehingga sampai tercapai tujuannya. Menurut Max Webber, kekuasaan terbagi menjadi dua, pertama kekuasaan abstrak dan kekuasaan konkret. Kekuasaan abstrak adalah kekuasaan yang dipercaya oleh rakyat yang memilihnya sebagai pemimpin. Di negara-negara maju, kekuasaan itu abstrak, sedangkan di negara-negara berkembang kekuasaan itu konkret. Salah satu faktor keberhasilan dalam pemerintahan yang efektif adalah human development indeksnya baik. Sedangkan faktor yang menyebabkan manajemen pemerintahan tidak berjalan yaitu budaya, kemampuan menjalankan pemerintahan tapi komitmen yang lemah, dan masyarakat yang permisif. Ada 2 tugas utama penyelenggara pemerintah, yakni melayani kepentingan masyarakat dan membuat aturan untuk memperlancar kepentingan masyarakat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar